March 5, 2024

caption

Halo Guys, David disini! Dan ini adalah Xiaomi Pad 5! Bukan Mi Pad 5 ya… karena brand Mi itu udah
di-discontinue oleh Xiaomi. Ini versi Global punya ya, tapi karena
dia dikirimin oleh Xiaomi Indonesia… artinya ini adalah versi Global, yang udah dapetin Restu kalau dia
nggak bakal jauh beda sama versi Indonesia. Udah lama ya Xiaomi
nggak ngeluarin tablet baru, jadi lumayan seru buat bikin
pasar tablet jadi lebih berwarna lah, soalnya kan sekarang di pasar tablet itu
kalau nggak iPad ya Samsung Galaxy tab. Ini akhirnya Xiaomi ada coba ngeganggu. Nih Xiaomi Pad… kalau Pad aja
kayaknya nggak enak, Pad 5, ya ini Xiaomi Pad 5 ini
harusnya bakal seru ya, soalnya pas saya lihat-lihat
gambarnya di internet, tablet ini mirip banget sama iPad Pro
yang harganya belasan juta. Mulai dari design sampai speknya
bisa bersaing, tapi seperti biasa harga dari
Xiaomi itu bakal selalu lebih murah! Kata Xiaomi, harga Pad 5 ini
nggak bakal lebih dari 5 juta.

Kalau misalnya anda punya duit
5 juta dan pengen dapetin iPad baru, cuma dapetin iPad yang basic
yang modelnya itu masih lama, yang kemarin baru dilaunching. Jadi ini lumayan bikin penasaran sih, makanya saya juga udah siapin, ini ada iPad Pro juga,
buat saya bandingin langsung. Ini iPad Pro 2018 sih
tapi masih bagus banget, kita bakal lihat semirip apa feel-nya
atau justru sejauh apa feelnya. Nih, saya pasang dulu nanti
baru muncul lagi si iPad Pro nya. Nah, biar semangat buat
unboxing barang kayak ginian… Saya ngopi dulu! Ini Kapal Api signatures siap
minum dengan gula aren ya! Kalau misalnya saya lagi pengen praktis
pengen cepet biasanya saya pilih yang ini. Memang nikmat banget dah,
segernya Kopi hitamnya itu berasa benar, dan enaknya gula aren alaminya
juga bikin nagih. Packaging nya juga gak pakai ribet ya… Nggak usah seduh-seduh dulu, tinggal ambil dari kulkas
buka-tutup langsung enjoy! Bisa kita bawa-bawa juga
kalau misalnya kita lagi di luar.

Bisa jadi teman aktivitas yang asyik,
kapan aja dimana aja! Kita langsung
mulai unboxing aja disini, mungkin bakal ada sticker-sticker
tambahan dari Xiaomi, mungkin misal Xiaomi Nomor 1! Kayak yang Redmi, terus ini ada
sticker-sticker buatan Indonesia atau nggak ada, karena ini tablet, jadi mungkin gak perlu
TKDN, biar bisa nangkep sinyal gitu ya? Jadi belum tentu
ini bakal dibuat di Indonesia, nanti kita lihat aja
infonya kayak gimana.

Kita lihat isinya aja,
disini Xiaomi Pad 5… dia ada keterangan kalau udah
support Dolby Vision dan Dolby atmos, terus di kanan-kirinya,
ini mi.com-mi.com, kayaknya bakal beda,
ada Mi Pad Mi Pad lain. Enak ya ngomongin Mi Pad, kalau
disini kurang enak gitu, "ini Pad 5". Dan dibagian belakang…
dia polos aja, di sini ada keterangan soal
Xiaomi Pad 5 Cosmic Grey, ada satu lagi yang namanya
Pro White.

Jadi dia ada pilihan warna abu-abu dan
ini abu-abu, dan ada satu lagi warna putih. Sini ram-nya 6 GB,
memori internal 128 GB, ada juga
satu lagi pilihan yang 256 GB. Kalau di internasionalnya ya, kalau di Indonesia entah Xiaomi
bakal masukin semua atau nggak. Yang saya dapat jaminan atau
dapat dengar-dengar gosipnya sih, cuma harganya
nggak bakal lebih dari 5 juta. Jadi kita tungguin aja. Woah! Disini kita bisa melihat beberapa
spesifikasi kunci dari Xiaomi Pad 5, saya nggak perlu angkat tinggi-tinggi
karena ukurannya gede ya, Ini ukuran layarnya 11 inci… ini mungkin ada dijelasin juga,
oh nggak ada. Ini ukuran layarnya 11 inci,
resolusi nya WQHD+, alias 2560×1600 pixel, refresh ratenya 120Hz,
ini Dolby Vision udah tadi, terus ini ada
Immersive Quad Stereo Speaker, kalau tablet yang levelnya bagus
memang dia harus ada 4 speaker, biar lebih menggelegar lagi. Itu Mirip iPad, Oh ya ini juga
mirip iPad yang WQHD sama 120 ini, terus Qualcomm Snapdragon 860, ini kayak
chipset flagship 2 tahun lalu sih. Tapi masih tetep bagus
kalau yang level 800-an punya. 7 Nm belum 5G, mungkin belum
ada SIM tray juga nanti kita cek, dan ini baterainya sebagai tablet
tentu saja harus gede, dia 8720 mAh. Ini chargernya sih 22.5 Watt ya? ini termasuk standar aja. Kalau kita bandingin sama iPad,
dia baterainya sih 7000-an mAh ya, Jadi kalau secara spek, selain
chipsetnya bisa dibilang ini bersaing banget, kalau chipset, Apple susah
dilawan sih Bionic nya.

Ini kita kletek dulu. Woah! Woah, ini kayak Redmi yang gede sih
kalau lihat dibagian belakangnya, gimana ya… kita masih ada Mi 11 nggak bal? kalau masih ada mungkin
bisa tolong diambilin dulu. Ini kita kletek, Eh! Yah… Thank you! Ini adalah si Mi 11, kalau kita lihat modul kameranya
malah lebih gedean si Mi 11 ya, cuma ini memang modul kamera
ala Xiaomi banget. Sini ada ringnya, ada 2 kamera
di bagian sini ada kamera 3, itu kalau Mi 11… cuma, kalau misalnya sih Mi,
dahlah, si Xiaomi Pad 5 ini, ini dia kelihatan
kayak ada 2 kamera ya, tapi sebenarnya
dia kameranya 1 aja, ini 13MP, terus di sininya, 13MP, tapi ini tulisan aja buat
kasih tahu kalau ini 13MP, jadi kamera belakangnya cuma satu, bukan sesuatu yang aneh
buat sebuah tablet, karena esensi tablet
bukan buat cari foto sih… kalau bisa ya oke
kalo nggak ya udah, tapi ngomong-ngomong
ini background nya gelap, kurang enak buat kasih
tunjukin dengan jelas sih tabletnya. Kita ubah dulu! Hmm, kalau gini kan kelihatan lebih jelas
si Pad-nya, Ya udahlah,
si tabletnya Mi Pad aja lah, Yaudah Mi Pad aja, ini si Mi Padnya kelihatan jelas, kita taruh di samping dulu
buat ngeliatin kelengkapan, kalau versi Internasional ada buku
petunjuk biar bisa cepet kita singkirin…

Disini ada pembatasnya, di sini ada charger
22.5 Watt, ya Ada charger sama ada kabel, saya nggak terlalu banyak
nunjukkin karena ya versi internasional, kurang menunjukkan apa yang
kita dapat di versi Indonesia ya, kecuali si barangnya sendiri. Kita balik lagi ke Mi Pad 5 nya, disini kalau saya mejem… terus elus-elus… ini bahannya dari plastik sih. Pas saya baca-baca soal spesifikasi dari
si Mi Pad 5 ini, Xiaomi nggak terlalu pamerin soal
bahan apa yang dipakai di belakangnya Ini. Kalau gitu saya langsung tebak
kalau dia itu plastik ya, karena kalau brand nggak pernah
pamerin apapun, berarti biasanya itu yang
standar aja dibandingin kalau… kalau dibandingin sama si iPad Pro, ya dia jelas ini sih, dia dari
metal kalau ini dia dari plastik. Ya, desainnya aja udah beda
cuma mungkin anda bakal bilang, "Ya desain tablet
nggak terlalu masalah lah bang", "itu kan kita yang penting
layar depannya ini" Bakal kita bandingin! Tapi sebelum itu saya pengen tes dulu…

Coba bal, gua mejem terus lu kasih gua… Blind Test! Gua tebak yang mana,
harusnya gampang deh. Harusnya gampang sih! Hmm gini, oke deh! Hmm.. Oh ini langsung Xiaomi! kalau ini si iPad! [CREW]: Betul nggak ya? [DAVID]: Ya udahlah… memang beda lah kalau soal itu. Bobotnya mirip… bobotnya mirip,
sama-sama 500-an gr ini. Kita coba keliling si
Xiaomi Pad 5 ini dulu ya, di sini ada tombol power kah? Oh nggak, tombol powernya ada di atas.

Ini ada 2 speaker,
ada antena, ada microphone, terus disini tombol volume,
ada mikrofon lagikah harusnya? Disini konektor magnet
buat keyboard harusnya… tiap tablet kalau nggak ada keyboard
agak gawat, sini ada speaker lagi
ada Port Type C, ada mikrofon dan di sini… Oh ini berarti buat sih pensilnya, soalnya si Mi Pad ini juga
udah support Xiaomi Smart Pen, cuma sayangnya,
di Paket Penjualan nggak dikasih sih. Sep! Ini dia
setting-settingnya udah selesai. Hmm… kalau saya lihat sih… ini kok kayak
agak kurang cakep gitu ya? Nggak secakep Si iPad OS atau
si Samsung One UI buat tabletnya. Ini dia pakai MIUI 12 sih, tapi nggak
dibilang ini MIUI khusus tablet atau apa, jadi mungkin dia sistemnya itu dari HP
ke tablet itu dibikin sama-sama aja, yang beda ada di App Drawer
yang ada di bawah sini sih…

Dan bikin dia mirip sama kayak
si iPad tapi rasanya kok entah kenapa… Nggak kerasa mateng ya buat kesan
awalnya, misalnya di bagian sini… bisa kita… Nah! wah… oke, nah coba kita bandingin
soal brightness maksimal dulu, itu salah satu cara gampang buat
ngelihat menilai kualitas layar, semakin terang sebuah layar maka
dia bisa punya kualitas yang lebih tinggi juga. Kalau disini, hmm
coba kita buka warna putih? Wuh, sama terangnya ini ya. Ini jadi soal brightness
si Mi Pad 5 ini, Bagus Mantap! 1-0 buat Mi Pad! Setiap ada yang sama, itu kemenangan
buat Mi Pad sih kalau saya bilang.

Kalau soal level paling gelapnya,
ini juga penting… Ehm sama sih… Ya sama-sama aja,
oke mantap! Sekarang kita tes soal suaranya. iPad bagus sih… Full! Detailnya dapat,
terus dia juga nggak pecah, bass nya juga mantap! Itu iPad, hmm ya dari dulu iPad
memang enak sih. Dia 4 speaker,
Xiaomi juga 4 speaker. Kita lihat! Sekarang kita cobain si Mi Pad. Kayak agak tenggelem gitu lho, detailnya
memang dapat tapi kayak kependem dikit. Woah, gede sih suaranya. Ya sih, ini 8 sih,
bagus cuma nggak sebagus iPad, Walaupun dia udah yang paling kenceng
ya bassnya masih kerasa dapat lah, tapi nggak sebulet si iPad, terus dia juga detail Clarity-nya
nggak sebagus si iPad. Jadi… ini respectable lah. Kalo didengerin
nggak bakal malu-maluin, tapi kalau mau yang terbaik ya… Sekarang kita cobain multitasking! Kalau iPad kan dia enak banget,
iPad OS salah satu bagian yang saya seneng, ya eh dia kita tinggal giniin… masih belum saya kuasain. Nah, tapi minimal ya bisalah. Ini sama, ini tinggal geser aja dia
langsung bisa multitask 2 window, bahkan bisa lebih ya
kalau nggak salah. Tapi saya selalu dua sih maksimal. Kalau Xiaomi ya?
Xiaomi bisa nggak ya? Coba.

Hmm saya belum tahu
harusnya sih kalau kita tiruin iPad, Oh nggak, dia memang sistemnya
Android kita giniin dia langsung ke minimize, hmm coba gini terus kita tahan
ala-ala Android terus kita tekan, nah, hmm split screen. Woi bisa dong! Cuma memang dia lebih ribet sedikit
karena dia bukan IPad OS sih, kalau android-android
memang kayak gitu. Cuma, respectable bisa dipakai bahkan
enak, kalau misalnya udah kebiasa. Oke apalagi ya? Ini sesuatu yang diperhatiin
oleh si Kevin, tadi dia pas perhatiin preview videonya
dia ngelihat kalau…

Kalau kita ngescrubbing… Ehm apa ini…. timeline di YouTube, kalau di Xiaomi dia agak ketinggalan
merah-merahnya kalau saya scroll kayak gini, sementara kalau di IPad… dia lebih responsif
daripada si Mi Pad, cuma Kayaknya… Okelah ya,
Nggak penting lah ya. Ada bedanya tapi udahlah. Nih buat multipass juga. Woah, si Mi Pad
bisa sama kayak si iPad, kita tinggal gini-gini… Scroll pakai di bawahnya,
ya karena ini basicnya memang… di HP MIUI juga bisa jadi
nggak ada yang mengherankan, mungkin di bagian ini ketika
Xiaomi dibilang niru-niru Apple, mereka bangga kali ya
bisa kayak gini? Karena Kita bener-bener
samain kayak gitu. Benchmark nya udah kayak gitu. Sekarang kita coba bagian kameranya! Ini bonus sih… Wah, susah ya. [CREW]: Kebalik… [DAVID]: Hah? Oh iya. Hmm OK, coba lu yang nilai juga bal.

Anglenya agak beda sedikit
sih pantulannya, tapi kan kerasa lahya. Mayan lah.. Mi Pad ya? Gua aja bingung lebih bagus yang mana, dari detail dari warna semuanya. Oh ya, layar si IPad ini lebih kuning
sementara Mi Pad lebih biru sih… tapi Kualitas fotonya lumayan lah? Wow, nggak nyangka deh. Buat kamera depan juga nggak
bisa dibilang iPad lebih bagus sih… Ini memang kelihatan kayak lebih,
apa ya di sharpened, ini warnanya lebih enak. Cuma kamera depan tablet
sama-sama Oke sih. Apalagi yang bisa bikin
si Mi Pad itu diuji? Dari bezel, dia kelihatan mirip
lebih panjang dikit dari IPad, dari processor si Bionic jelas
lebih kenceng, dia generasinya sama, kalau 860 itukan dari 855, berarti sekitar 2 tahun lalu. Kalau ini juga iPad 2019/2018 jadi
generasinya sama, Bionic lebih bagus. Cuma ini juga 860 bukan
chipset yang kaleng-kaleng sih, ya cuma ini saya udah paham
dari tadi jadi senjata terakhir, yang susah ditebak sih
walaupun si hardware Mi Pad ini udah… memang saya akuin bagus banget,
dia setelah saya bandingin tadi, kelihatan mirip sama si iPad Pro
yang harganya 2 kali lipat, tapi sistem operasinya
yang masih pakai Android, terus pakai MIUI juga yang
nggak terlalu dikhususin buat tablet, sementara dia pakai IPad OS, itu bakal jadi tembok yang gede sih
karena pas saya buka aja feelnya memang beda.

Ini serasa Android yang digedein, bukan tablet khusus tablet
kayak Samsung atau apa gitu. Terus soal dukungan aksesoris juga,
ini Xiaomi bilang ada pake Smart Pen, cuma karena saya belum bisa ngetes… Saya nggak bisa nilai kayak
gimana sih kualitas Smart Pen-nya… Apakah kayak Stylus biasa? Apakah bisa sebagus Apple Pencil ini? karena salah satu alasan
atau salah satu bagian, yang bisa bikin pengalaman pake tablet
itu jadi 2, 3, 4 kali lipat lebih menyenangkan. Itu ada di aksesorisnya, kalau misalnya anda suruh
saya pake tablet kayak gini aja, nggak ada keyboard, nggak ada pensil, ini bakal debuan sih di rumah saya, karena saya nggak suka pakai tablet
kayak gini doang mending saya pakai iPhone. Ngetik nggak enak, mau baca apa
juga ya paling buat baca doang, itu juga bisa lebih cepat di iPhone. Tapi karena ada aksesoris
kayak keyboard gini, terus ada pensil, terus ada apa juga…

Itu yang bikin iPad jadi luar biasa,
plus OSnya tadi. Kalau misalnya Xiaomi punya
dukungan aksesoris yang sebagus itu… baru bisa dibilang
ini iPad setengah harga sih, cuma saya penasaran lah Xiaomi
ada aksesoris kayak gituan atau nggak, kalau misalnya ada saya pengen
cobain sih terutama si Smart Pen-nya, tapi buat sekarang… harga 5 juta,
ini bagus banget sih… bisa nggak ya ini? Hmm, nope. Mau dipasang sini
dia nggak lengket, Ya… dia merosot. Mantap banget ini! Panjang juga ya videonya? Huh… Kesimpulan saya sih
buat harga 5 juta nya… hardware yang dikasih
memang kelas atas sih, tapi ya jangan dibandingin sama iPad lah,
ini bakal jadi tablet yang bagus, kalau misalnya ada yang nanya, "Ada rekomendasi
tablet 4-5 jutaan nggak, gitu… Dan dia nggak bilang
harus pakai tablet apa, dia cuma nanya tablet yang bagus aja, ini adalah tablet yang bagus sih
buat harga kayak gitu.

Tapi kalau mau dibilang iPad Killer… ini belum sih, agak susah
buat nyaingin si iPad OS sama… ya X ecosystem
aksesorisnya yang enak gitu, memang masih harus lebih serius lah, kalau nyari tablet doang,ini mantap! Demikian Unboxing buat Xiaomi Mi Pad 5, like kalau anda suka dengan video ini, dislike kalau nggak suka, dan kita ketemu lagi di video selanjutnya. Yo! Hmm, Mi Pad….

As found on YouTube

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *