March 5, 2024

Hosting cepat murah di hoster
Ilustrasi: Server Hosting



Kalau bicara soal Hosting.. apa yang kalian pikirkan? Apakah sama dengan aku dulu, bahwa hosting sama halnya dengan Host di sebuah acara yang membawa microphone di depan alias MC? Hihihi. Semoga sudah tahu semuanya, tapi kalau belum tahu yuk kita belajar bersama.

Apa itu Hosting dan Fungsinya

Jadi istilah mudahnya, hosting itu layaknya sebuah rumah buat Website/Blog kita. Hosting itu perlu banget buat web kita, karena kalau sehabis membuat membeli nama domain lalu ditinggal. ibarat sebuah kavling yang dibeli dan ditinggal begitu saja, tanpa dibangun apa-apa. Jadi orang yang datang tidak bisa bertamu karena tidak ada yang bisa ditempati, maka dari itu kita memakai Hosting untuk membantu domain di website kita agar bisa dilihat tampilan dan isinya oleh orang.


Seperti halnya blog aku dengan nama domain www.aisywijaya.com tidak akan bisa diakses jika tidak ada hosting nya. Jadi nama domain dan hosting ada satu kesatuan yang tak terpisahkan, cieee romantis bat gak mau pisah, hihi.

Jadi sudah jelas ya, hosting itu apa? Ya, hosting itu adalah rumahnya. Dan fungsinya apa? Tepat, fungsi hosting adalah agar sebuah website bisa diakses. Clear ya sampai sini.


Cara Membeli Hosting yang Recommended

Sebelum membeli Hosting, kita harus mengecek apakah layanan hosting itu bagus, jangan sampai hanya mengejar murah saja. Nanti ujung-ujung nya ternyata pelayanannya lambat dan sebagainya. Terus gimana donk tips membeli hosting untuk pemula? Yuk kita simak aja!


1. Pilih Pelayanan yang Bagus

Ibarat sebuah kavling yang akan dibangun rumah, kita juga harus memilih pelayanan Hosting yang bagus untuk rumah kita, tapi versi online.

Caranya? Kita bisa dengan melihat testimoni dari pengguna yang sebelumnya sudah menggunakan layanan hosting ditempat tersebut. Jadi, pastikan kita sudah melihat testimoni para pelanggan dan memilih yang tepat ya!


2. Tentukan Servernya

Ibarat seperti rumah publik yang sudah jadi, kita mau orang yang berkunjung itu seperti apa dan darimana. Nah Hosting ini setahu aku ada 3 jenis servernya: 1. Server Indonesia, 2. Server US, dan 3. Server Singapore.

Apa bedanya? Nah, kalau Server Indonesia adalah untuk blog dengan tujuan lebih banyak yang melihat web kita itu orang dari Indonesia saja, dengan harapan server lokal jika diakses dari lokal akan lebih cepat. Tapi jangan salah ya, server Indonesia ini tetap bisa diakses dari semua negara kok, cuma kecepatan maksimal memang jika saat diakses dari Indonesia.

Kalau web / blog kita punya orientasi internasional, misal ada bahasa Inggris atau bahasa asing, dan kita ingin blog kita lebih world wide alias mendunia, maka kita bisa pakai Server US atau Server Singapore. Btw, server luar negeri seperti Server US ini tidak berarti akan lambat jika diakses dari Indonesia loh, tergantung kualitas dari layanan hostingnya.


Perbedaan Harga dari 3 Server

Kalau bahas soal harga, Server US biasanya lebih mahal dibandingkan harga Server Indonesia. Kalau server Singapore harganya diantara keduanya, tapi itu semua sesuai kebijakan masing-masing layanan hosting, tidak bisa dijadikan patokan.

hoster paket hosting diskon 50 persen
Hosting Unlimited Diskon 50%


Rekomendasi hosting

Aku rasa sudah jelas penjelasan diatas ya, maka sekarang kita akan bahas dimana sih layanan hosting yang direkomendasi kan? Kalau aku sih belum begitu paham soal ini, jadi dari 2 poin tips hosting diatas seharusnya ada 1 poin lagi, yaitu Minta Rekomendasi dari orang yang kita kenal.

Nah, aku tanya deh kepada Ayahku, dan ternyata saat membeli Hosting yang rekomendasi kata Ayah ku ya di Hoster.co.id (klik).

Kenapa? Karena menurut Ayahku yang sudah pernah dan sedang menggunakan layanan hosting di Hoster.co.id merasa puas atas performa dari Hostingnya. Selain kualitas bagus, untuk harga juga termasuk murah dikelasnya. Saat aku tanya, ternyata Ayahku memilih Server yang IIX alias Indonesia, karena Blog yang dikelola Ayah memang semua pakai Bahasa Indonesia.

Dengan Kualifikasi seperti ini: UNLIMITED SSD WEB SPACE, UNLIMITED BANDWIDTH 1Gbps IIX Link, UNLIMITED MariaDB Database, UNLIMITED Email Akun, UNLIMITED ADD ON DOMAIN dan GARANSI 30 Hari Uang Kembali, biasanya membutuhkan dana diatas 1juta, dan di Hoster hanya Rp.799.000. Murah banget kan? Dan kerennya lagi sekarang sedang ada PROMO DISKON 50%, what? tinggal Rp.399.000 saja untuk Hosting Unlimited? Yes.

Jadi jika teman-teman ingin mencari rekomendasi hosting yang bagus dan murah, maka aku rekomendasikan Hoster.co.id (klik) ya.

Oke segitu dulu dari aku, semoga bermanfaat. Daaa!

Baca juga: Review Film Teacher (Komedi vs Action)



About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *