March 5, 2024
Aisy Pendongeng Cilik dan Ice breaker asal Malang

Assalamu’alaikum..

Yo, Minna-san! Gimana nih kabarnya? semoga sehat selalu ya, Aamiin..

Siapa sih yang masih sering merasa nervous atau takut saat berada diatas panggung? Atau malah sampai Tremor gara-gara hanya pegang Mic saja? Yok angkat kaki- eh maksudnya tangannya 😛

Nah, kali ini Aku mau cerita-cerita dan bagikan pengalaman Aku tentang bagaimana Aku mengatasi yang sering banyak orang menyebutnya “demam panggung”.

Aisy Wijaya Ice Breaker Cilik Malang
Aisy Wijaya: Ice Breaker Cilik asal Malang

Belajar Public Speaking secara Otodidak

Hari ini sangat banyak literasi jika kita ingin belajar segala sesuatu. Misalnya nih, mau masak, memulai usaha, menulis, menggambar, dan lain sebagainya, Insyaallah semua ada tutorial nya lho! Mulai dari yang gratis sampai berbayar. Aku sendiri belajar ilmu Public Speaking dari YouTube dan juga baca buku. Channel channel yang ku tonton baaanyak, begitupun buku buku yang sudah ku baca.

Pelan-pelan, Aku mulai berani dan meninggalkan rasa takutku sendiri. Aku mulai berkenalan dengan banyak orang, berbaur dengan banyak orang, dan lainnya.

Jika kenalan kita hanya dengan beberapa orang aja atau terbatas, maka ilmu yang kita punyai hanya tersebar ke orang-orang yang kita kenal saja. Nah, betapa lebih bermanfaat kalau kita berbagi ke banyak orang kan, Right? Terlebih lagi nih, manusia itu harus saling berbagi pengetahuan.

Karena, kita harus selalu menambah pengetahuan dan pengalaman. Selain itu.. ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Daruquthni, hadist ini salah satu hadist yang memotivasi diriku sendiri agar bersemangat untuk mendalami public speaking. “Khoirunnas Anfauhum Linnas” Atau yang artinya: “sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi manusia lain” Maka dari itu, Aku mencoba untuk magang di maestro. Waah, gimana tuh?

Aisy Wijaya Ice Breaking di SDN Model Malang
Ice Breaking di depan 750 Siswa SDN Model Malang

Magang di Maestro

Maestro ini berarti Ahlinya, jadi kalau kita belajar dari Ahlinya maka kita akan menjadi Ahli di bidang yang kita pelajari. Sebagai anak Homeschooling, Aku dididik oleh orang tua Aku agar belajar mandiri sejak kecil. Karena bagaimanapun saat besar nanti Aku harus mandiri dan hidup sendiri tanpa bantuan orang tua, terlebih lagi.. hebat kan kalau kita bisa mandiri dan melakukan sesuatu sendiri? Selain itu, karya demi karya harus rajin dikumpulkan sebagai Portofolio.

Jadi, jika kita ingin menjadi pemateri atau mungkin ingin masuk sekolah dengan jalur beasiswa, portofolio ini penting banget untuk membantu kita agar bisa diterima. Ohiya, sebelum magang ini, Aku termasuk orang yang malu dan nervous kalau didepan publik lho! Waktu didepan, rasanya auto lupa apa yang harus disampaikan, atau pengen menghindar dan kabur saat sudah dipanggil. Waduh, langsung demam panggung tuh.

Saat pertama kali magang, Aku masih punya demam panggung. Perform pertama ku dimulai sekitar 5 bulan yang lalu, saat itu Aku masih nervous dan malu banget. Waktu dipanggil, beuh.. pokoknya mau kabur deh, ga mau tampil sama sekali!

Terus, gimana sih kok sekarang bisa berani tampil di publik? Nahh.. ini nih!

Ice Breaking di depan 650 Siswa SD Lab Univ. Negeri Malang
Ice Breaking di depan 650 Siswa SD Lab Univ. Negeri Malang

Menjadi Ice Breaker Cilik

Pelan-pelan Aku mulai berani dan terus-menerus menambah pengetahuan tentang trik trik Ice Breaking ini, agar lebih bervariasi. Kadang, bosen juga kalau menampilkan yang itu itu aja kan.. semakin naik keberanian, semakin naik juga kemampuan ku dalam Ice Breaking ini.

Menjadi seorang Ice Breaker itu seru lho! ita bisa menghibur banyak orang dan bisa bikin kita awet muda juga, karena kalau kita bahagia kita akan awet muda, betul apa betul? Hehehe.. Apalagi kalau pesertanya adalah anak-anak TK, waa imut-imut lucu-lucu banget! Bikin seneng banget liatnya.. Kalau pesertanya anak SD, ga kalah seru juga!

Mereka seru dan menyenangkan buat diajak main Ice Breaking. Melihat mereka senang, tertawa, bahagia, itu bikin hati rasanya jadi tenang dan senang. Karena buat Aku, senyuman lebar mereka itu bikin Aku bahagia karena sudah berhasil menghibur orang. Selain bikin awet muda, senang kan rasanya kalau bisa bikin orang lain bahagia? Nah, kalau kita bisa bikin orang lain bahagia, kita mendapat pahala juga lho!

Udah awet muda, dapat pahala lagi. Sekarang, Aku sudah cukup lama magang di maestro, menjadi seorang Ice Breaker Cilik. Kemampuan Ice Breaking ku semakin naik dan semakin baik, kalau disuruh tampil didepan langsung sat set gaskan deh! Hihihi.. bahkan kalau udah didepan, rasanya ga mau turun panggung, pengen lebih lama lagi.

Kak Ale selalu Sabar dan Tegas dalam Mengajari Saya
Kak Ale selalu Sabar dan Tegas dalam Mengajari Saya

Mengapa Magang di Kak Ale @PendongengMalang?

Alasan paling utama adalah saat kita belajar dan sudah memiliki ilmu yang cukup. Langkah selanjutnya adalah kita harus praktek dari ilmu yang sudah kita pelajari. Ibarat pisau kalau diasah terus menerus dia akan semakin tajam, tapi jika pisau itu tidak dipakai maka tidak akan bermanfaat. Kak Ale yang memiliki nama lengkap Alix Wijaya, adalah seorang Pendongeng atau Pencerita atau disebut juga Juru Kisah yang sudah berpengalaman sejak tahun 2016. ID Instagramnya memang Pendongeng Malang, namun beliau adalah Pendongeng kelas Nasional, karena sudah sering roadshow lintas kota di Indonesia.

Dan sampai hari ini sudah melakukan performance didepan 10.000 audiens lebih. Artinya secara ilmu public speaking beliau sudah trusted donk. Apalagi Kak Ale ini sudah mengambil sertifikasi C.STM a.k.a Certified Story Telling Mastery di School of Training and Motivation Indonesia dari Jakarta. Di tingkat selanjutnya juga Kak Ale sudah CT.STNL alias Certified Trainer Story Telling Next Level oleh Anjamukti Education dari Malang.

Keren kan? Ada lagi loh, terbaru Kak Ale sudah di Sertifikasi Instruktur Public Speaking oleh BNSP a.k.a Badan Nasional Sertifikat Nasional Republik Indonesia dengan No. Reg PLK 918.001018.2022. MasyaAllah, sungguh Pencapaian yang Luar biasa dari sosok Kak Ale. Jadi aku sudah berada ditempat yang tepat dan dibimbing oleh Coach yang tepat pula. Great!

Penutup dan Kesimpulan

Dari sini, Aku belajar.. kalau kita mengasah kemampuan public speaking kita, itu sangat berguna lho. Mau kehidupan sehari-hari ataupun saat ada hari-hari penting. Selain itu, sebagai seorang Muslim, Aku harus bisa berdakwah agar bisa menyebarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Karena jika ilmu-ilmu itu hanya kita nikmati sendiri, bakalan sayang banget kan? Nah, alangkah baiknya jika kita berbagi dan belajar bersama tentang ilmu agama.

Buat kamu yang juga ingin belajar public speaking dalam bentuk MC, Dongeng, atau Ice Breaking bisa hubungi manajemen Kak Ale di bio Instagram @alix_wijaya atau @pendongengmalang. Bisa bimbingan secara offline maupun online (jarak jauh), kalian bisa juga langsung WA ke Management Kak Ale via 0856-3544-862 atas nama Bu Vivi.

Semoga Bermanfaat. Nah, sekian dulu ulasan dari Aku, sampai jumpa lagi pren!

Wassalamu’alaikum 😀

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *