February 22, 2024
ExpertBook B3 Detachable_B3000_Scenario

ExpertBook B3 Detachable_B3000_Scenario

Assalamualaikum, hai semuanya! Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.. 

Kali ini, Aku akan membahas tentang ASUS Expertbook B3000 Detachable. 

Bertempat di Hotel Ascent Premier, Malang. Tanggal 17 Desember 2022. Asus resmi memperkenalkan Asus Expertbook B3000 Detachable, laptop detachable ini laptop pertama yang ditenagai Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform di Indonesia. Expertbook B3000 ini hadir sebagai laptop dengan pengalaman penggunaan seperti perangkat mobile karena daya tahan baterainya yang panjang, dilengkapi fitur dan konektivitas yang lengkap. Asus Expertbook B3000 juga laptop modern yang mengedepankan mobilitas.

Expertbook B3000 Detachable

Di sesi pertama, diisi oleh Asus yang menjelaskan tentang ASUS Expertbook B3000 Detachable. Kuy simak selengkapnya!

Portabel dan Fleksibel

Keunggulan utama ExpertBook B3000 ada di portabilitas dan fleksibilitasnya. ExpertBook B3000 didesain dengan ringkas dan ringan, dengan beratnya yang hanya 590 gram dan ketebalannya hanya 0,9 cm. Karena berat dan dimensi tersebut, ExpertBook B3000 bisa tampil sebagai laptop yang sangat portabel serta mudah untuk dibawa bepergian. Praktis sekali kan? 

Menggunakan desain detachable, ExpertBook B3000 ini dapat digunakan secara fleksibel sebagai tablet atau laptop. Keyboard ExpertBoard yang sudah disediakan di paket penjualannya memungkinkan pengguna ExpertBook B3000 ini menggunakan sistem magnet, jadinya mudah untuk dipasang dan dilepas. Keyboard ExpertBoard juga dirancang agar nyaman untuk digunakan dengan key travel 1,5 mm. Sementara di bagian belakang bodinya ada ExpertStand cover yang dapat digunakan dan berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan, agar ExpertBook B3000 bisa digunakan layaknya sebuah laptop. Menariknya lagi nih, ExpertStand cover juga memiliki dua mode dudukan yang menjadikan ExpertBook B3000 bisa digunakan secara vertikal maupun horizontal lho! 

ExpertBook B3000 juga sudah menggunakan layar sentuh/touchscreen, sehingga penggunanya dengan mudah melakukan navigasi saat digunakan sebagai tablet. Agar fitur touchscreennya lebih lengkap, ada stylus yang bisa disimpan langsung di kompartemen khusus ke bodi ExpertBook B3000. Saat disimpan di kompartemennya, stylus otomatis melakukan pengisian daya/ter-charge. Pengisian dayanya juga sangat cepat, hanya butuh 15 detik untuk pemakaian selama 45 menit.

Nah, Aku sempat mencoba untuk menggambar memakai laptop ini. Dengan memakai mode tablet nya, stylus nya enak banget buat dipakai! Responnya cepat, saat digoreskan pun rasanya nyaman dan enak dipakai. Aku menggambar Kak Carol, Public Relation ASUS. 

Menggambar Kak Carol

Selain mempunyai kamera yang ditempatkan sejajar dengan layar seperti laptop-laptop biasanya, ExpertBook B3000 semakin lengkap dengan kamera tambahan yang menghadap ke bagian belakang layarnya. Kamera dengan resolusi 13MP itu memungkinkan penggunanya untuk bisa mengambil gambar dan merekam video dengan lebih mudah seperti saat menggunakan smartphone.

Fitur Lengkap untuk Belajar dan Bekerja

ASUS ExpertBook B3000 juga laptop yang sangat pas untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, contoh: para pekerja kantoran dan pelajar. Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur modern, salah satunya AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan untuk membuat suara bising dapat diredam oleh sistem yang berbasis Artificial intelligence (AI), membuat pengguna laptop ini bisa berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti

online conference atau online meeting. Pengguna ExpertBook B3000 juga bisa mematikan mikrofon dengan mudah, melalui tombol khusus yang ada di keyboard-nya. Membantu banget deh kalau lagi nge zoom belajar di rumah.

Fitur Lengkap untuk Belajar dan Bekerja

ASUS ExpertBook B3000 juga laptop yang sangat pas untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, contoh: para pekerja kantoran dan pelajar. Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur modern, salah satunya AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan untuk membuat suara bising dapat diredam oleh sistem yang berbasis Artificial intelligence (AI), membuat pengguna laptop ini bisa berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti

online conference atau online meeting. Pengguna ExpertBook B3000 juga bisa mematikan mikrofon dengan mudah, melalui tombol khusus yang ada di keyboard-nya.

Tidak cuma itu, kamera ExpertBook B3000 juga dirancang agar penggunanya lebih nyaman saat video conference. Kamera ExpertBook B3000 sudah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Teknologi itu  juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang walaupun dilakukan di kondisi minim cahaya.

ExpertBook B3000 juga sudah dilengkapi dengan WiFi yang didukung teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Memungkinkan ExpertBook B3000 secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang ada di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat, seperti wireless mouse atau headphone.

Snapdragon

Selain diisi oleh Asus, sesi selanjutnya diisi oleh Snapdragon. Menjelaskan tentang Qualcomm Snapdragon yang dipakai di ASUS Expertbook B3000 Detachable.

ASUS ExpertBook B3000 adalah laptop detachable pertama di Indonesia yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform. Berbeda dengan laptop yang biasanya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform ini adalah prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang dikenal sangat hemat daya agar dapat menemani pemakai/penggunanya seharian.

Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform juga dibekali Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi. Meski memiliki performa komputasi yang bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari, chip grafis Qualcomm® Adreno™ GPU 618 tetap

sangat efisien saat bekerja. Memungkinkan ExpertBook B3000 untuk bisa beroperasi menggunakan baterai dengan jangka waktu yang lebih panjang.

ExpertBook B3000 tampil sebagai laptop yang ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. Sistem terbaru yang memungkinkan ExpertBook B3000 untuk bisa menjalankan berbagai aplikasi penunjang produktivitas sehari-hari, sehingga dapat memastikan aktivitas penggunanya dapat berjalan tanpa kendala atau masalah. Jadi, kalau ngerjain sesuatu sat set dan ga kesulitan lagi deh, mantep kan?

Dilindungi ASUS Expert Warranty

Setiap pembelian laptop ASUS ExpertBook B3000 yang didistribusikan secara resmi di Indonesia, otomatis mendapat garansi perbaikan selama 1 tahun. Tetapi, garansi ini berlaku jika kerusakan yang terjadi bukan karena kesalahan pengguna. Selain bergaransi resmi, ASUS melengkapi layanan untuk pengguna ExpertBook B3000 dengan memberikan ASUS Expert Warranty. 

Program ASUS Expert Warranty hadir dengan keuntungan utamanya, yaitu tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan karena kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. Dengan program ASUS Expert Warranty, pengguna ExpertBook B3000 lebih terlindungi dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak disengaja.

Pengalaman Menggunakan ASUS Expertbook B3000 Detachable

Sesi selanjutnya diisi oleh salah satu pengguna laptop ini, menurutnya, laptop ASUS Expertbook B3000 Detachable ini cocok digunakan untuk para pelajar dan pekerja, terutama freelancer. 

Nah, kalau menurutku, laptop ini cocok buat pelajar dan freelancer. Buat Illustrator pemula yang baru membuka jasa Illustrasi, laptop ini oke buat menggambar dan membuat animasi simple. Buat pelajar, ini juga oke lho! Apalagi buat Aku yang homeschooling, sering belajar dari rumah. Alhamdulillah, Aku mendapat kesempatan untuk mencoba memakai ASUS Expertbook B3000 Detachable. Seneng banget! Rasanya nyaman dan stylus nya enak dipakai. Recommended deh! 

Main Spec.

ExpertBook B3000

CPU

Qualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)

Operating System

Windows 11 Home in S Mode

Memory

8G LPDDR4X on board

Storage

128G eMMC

Display

10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%

Graphics

Qualcomm® Adreno™ GPU 618

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1

Camera

5.0 MP front-facing camera

13.0 MP world-facing camera

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone

Battery

38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension 

26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm

Weight

590 gram

Price

Rp6.999.000

Warranty

1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty

Tentang ASUS

ASUS adalah perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Dengan karyawan yang tersebar di seluruh dunia, termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D, ASUS memimpin industri teknologi melalui desain dan inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang bisa dinikmati oleh semua penggunanya.

Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS sudah memenangkan 65.565 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT dari seluruh dunia sejak tahun 2001 lalu. Sebuah hal yang hanya bisa dicapai oleh perusahaan yang memiliki visi dan misi mendalam untuk terus mengejar inovasi terbaik. Dari semua penghargaan yang diterima, banyak di antaranya ditujukan untuk produk tablet dan smartphone ASUS, sebuah bukti nyata komitmen ASUS dalam hal inovasi, desain dan kualitas.

Kontak ASUS Indonesia

http://id.asus.com

Public RelationsProduct Marketing
Erlyin Purnama CarolineAldy Ramadiansyah
Tel. :  021-2949 5055Tel. :  021-2949 5055
Email: Erlyin_Purnama@asus.comEmail: Aldy_Ramadiansyah@asus.com

                                 

Kesimpulan

 

Nah, itu tadi adalah artikel tentang ASUS Expertbook B3000 Detachable. Bagaimana? Oke banget kan? Apalagi buat para pelajar dan pekerja, Expertbook B3000 Detachable ini bisa menjadi salah satu rekomendasi saat ingin membeli laptop yang portabel, fleksibel, dan baterainya tahan lama. 

Aku juga mengikuti lomba video reels tentang Laptopnya ini, dan Alhamdulillah, Aku menang lho! Aku mendapat juara ke 2 dalam lomba video reels ini, nggak nyangka banget bisa dapat juara 2, padahal bikinnya mepet deadline banget, hehehe.. 

Sekian dulu review laptop ASUS Expertbook B3000 Detachable, sampai jumpa di review lainnya! Wassalamu’alaikum.. 

                   

                         

     

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *